TRADISI PELESTARIAN TRADISI BARATAN KALINYAMATAN JEPARA PASCA PANDEMI

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i2.14595

Keywords:

Tradisi; Baratan; Pandemi;

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pelestarian tradisi baratan Kalinyamatan Jepara pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang disajikan secara deskriptif dengan menggambarkan peristiwa yang terjadi. Tradisi ini bersifat religius serta memegang teguh ajaran Islam dan menghormati tradisi kebudayaan lokal. Bentuk tradisi Baratan meliputi arak-arakan sesaji, pembacaan tahlil, dan do’a bersama. Makna tradisi Baratan adalah sebagai bentuk penyucian diri menyambut bulan suci Ramadhan, penghormatan terhadap Sultan Hadlirin, dan permohonan keselamatan kepada Allah SWT. Adanya Pandemi menyebabkan tradisi baratan sempat berhenti , karena dikhawatirkan dapat menyebar luas, dan tradisi baratan mulai dilestarikan pasca pandemi di desa sendang dan kriyan Kalinyamtan Jepara. Fungsi tradisi Baratan adalah sebagai sarana silaturahmi, pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata.

Kata kunci: Tradisi; Baratan; Pandemi;

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrayni, I. D. (2019). Bentuk dan Makna Tradisi Baratan di Desa Kriyan Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang.

Ernawati, R., & Zafi, A. A. (2020). Tradisi Pesta Baratan Dalam Perspektif Islam di Desa Kriyan Kalinyamatan Jepara. IAIN Kudus .

Rochanah, & Mustolehudin. (2019). Spiritualisme Ratu Kalinyamat: Menelusuri Kearifan Lokal Tradisi Baratan di Desa Kriyan Kalinyamtan Jepara. Al-Qalam.

Rukiyah. (2020). Pesta Baratan di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Universitas Diponegoro.

Saputra, E. D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Baratan di Desa Kriyan Kalinyamatan Jepara. IAIN Kudus.

Sari, A. R. (2019). Komodifikasi Tradisi Baratan Dalam Festival Budaya Tahunan di Kecamatan Kaliyamatan Kabupaten Jepara. UIN Walisongo Semarang.

Sunaryo, A., & Hapidzin, R. I. (2023). Koreografi Permainan Tradisi Anak Membentuk Karakter Kebersamaan pada Pasca Pandemi. Pendidikan Anak Usia Dini.

Umro'atin, Y., & Nurchayaningtias, N. D. (2022). Penerapan Nilai Spiritual Dalam Tradisi Kenduri Hari Raya Sebagai Wujud Kearifan Lokal Pasca Pandemi (Studi Fenomenologi di Desa Sendang Jambon Ponoroogo). jurnal penelitian.

Widyatwati, K. (2022). Transformasi Sosial Budaya Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19. Sebatik .

Published

2024-01-30

How to Cite

TRADISI PELESTARIAN TRADISI BARATAN KALINYAMATAN JEPARA PASCA PANDEMI . (2024). Jurnal Intervensi Sosial, 2(2), 27-39. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i2.14595