Intervensi Perbaikan Kinerja dengan Model Diagnosis Burke-Litwin untuk Kesetaraan Sertifikasi Berbahasa Difabel di Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU)
DOI:
https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v3i2.18963Keywords:
Kata Kunci: Akuntabilitas, Burke-Litwin, Difabel, Kinerja, Sertifikasi BerbahasaAbstract
Kemampuan berbahasa merupakan salah satu bentuk kecerdasan majemuk yang memiliki peran krusial dalam persaingan global. Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU) bertanggung jawab untuk menyediakan layanan kebahasaan yang setara bagi semua kelompok masyarakat, termasuk difabel. Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menunjukkan bahwa sekitar 24.492 atau sekitar 0,16% difabel di Sumatera Utara belum mendapat akses layanan sertifikasi berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terwujudnya layanan sertifikasi berbahasa difabel dengan melakukan diagnosis model Burke-Litwin transformational factors. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penyebaran kuesioner, dan telaah dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan teori New Public Service yang menekankan pentingnya pelayanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Hasil diagnosis identifikasi permasalahan mengindikasi bahwa akuntabilitas di BBPSU menunjukkan sejumlah permasalahan yang mencerminkan tantangan dalam pelaksanaan tanggung jawab organisasi terhadap publik khususnya dalam layanan sertifikasi berbahasa difabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat faktor yang meliputi visi, misi, dan strategi organisasi, lingkungan eksternal, kepemipinan, dan budaya organisasi saling memengaruhi kinerja. Perlu adanya intervensi perbaikan kinerja melalui reformulasi misi dan strategi, penataan struktur organisasi, dan perbaikan sistem manajemen sumber daya manusia melalui pemberdayaan struktur organisasi dengan membentuk unit kerja khusus difabel di BBPSU.
Downloads
References
Alwi, M. (2015). Diagnosis perubahan pada Kantor Akuntan Publik ABC dengan menggunakan model Burke-Litwin. Jurnal Manajemen Perubahan, 10(2), 75-89.
Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan status kelembagaan pada perguruan tinggi agama Islam dalam menghadapi tantangan dan peluang pendidikan Islam di Indonesia. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 22–44.
Andra-Nicoleta, P., Claudia, C. R., & Maria, C. (2023). Exploring the direct influence of the organizational change process on organizational performance. BASIQ Conference Proceedings.
Armstrong, M. (2006). Strategic human resource management: A guide to action. Kogan Page.
Atkinson, J. (1984). Manpower strategies for flexible organizations. Personnel Management, 16(8), 28–31.
Badrudin. (2013). Dasar-dasar manajemen. Alfabeta.
Berman, E. M., Bowman, J. S., West, J. P., & Van Wart, M. (2020). Human resource management in public service: Paradoxes, processes, and problems (6th ed.). SAGE Publications.
Bonoma, T. V. (1984). Making your marketing strategy work. Harvard Business Review, March/April.
Bovaird, T., & Löffler, E. (Eds.). (2009). Public management and governance (2nd ed.). Routledge.
Burke, W. W., & Litwin, G. H. (1992). A Causal Model of Organizational Performance and Change. Journal of Management, 18(3), 523-545.
C. R. N., Huda, A. N., & Siddicq, A. (2020). Islam dan disabilitas: Dari teks ke konteks. Gading.
Chambers, H. E. (2001). Effective communication skills for scientific and technical professionals. Perseus Publishing.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Cummings, T. G., & Worley, C. G. (1975). Organization development and change.
Denhardt, R. B., Denhardt, J. V., & Aristigueta, M. P. (2016). Managing human behavior in public and nonprofit organizations (4th ed.). SAGE Publications.
Dillman, D. A., Smyth, J. D., & Christian, L. M. (2014). Internet, phone, mail, and mixed-mode surveys: The tailored design method. Wiley.
Dwiyanto, A. (2010). Reforming bureaucracy in Indonesia. Gadjah Mada University Press.
Fanggidae, R. S., Ratmawati, D., & Agustina, T. S. (2015). Analisis kesiapan manajemen terhadap implementasi perubahan organisasi pengelolaan SDM single grade di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V. Jurnal Manajemen Teori & Terapan, 8(1), 55–70.
Farid, A. (2023). Performance management and its impact on public sectors' effectiveness (a study in Afghanistan). Sprin Journal of Arts, Humanities and Social Sciences.
Firdaus, F., & Iswahyudi, F. (2010). Aksesibilitas dalam pelayanan publik untuk masyarakat dengan kebutuhan khusus. Jurnal Borneo Administrator, 6(3).
Firuza, S. I. (2023). Language competence as a factor of shaping human identity. International Journal of Social Science and Human Research.
Fitriyani, F. (2014). Public service performance in Indonesia: Challenges and future directions. Jurnal Kebijakan Publik, 11(3), 45-60.
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. METABASA, 2(1).
Harahap, M., & Bustanudin, A. (2015). Accessibility of public services for persons with disabilities in Sumatera Utara. Journal of Social Policy and Administration, 22(4), 223-239.
Hardianti, S. K., & Ratnawati, I. (2011). Analisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Bitratex Industries Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Hardiyansyah, H. (2022). Analisis pengembangan organisasi pelayanan publik melalui proses diagnosa dan intervensi. Jurnal Pengembangan Organisasi Pelayanan Publik.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101–110.
Indriyany, I. A. (2015). Pelayanan publik dan pemenuhan hak difabel: Studi tentang layanan pendidikan inklusif melalui kasus pemindahan difabel dari sekolah reguler ke sekolah luar biasa di Yogyakarta. INKLUSI Journal of Disability Studies, 2(1), 1–20.
Kesuma, S. (2017). Kunci sukses pemimpin perubahan meng-goal-kan proyek perubahan dalam diklat kepemimpinan. Deepublish.
Kettl, D. F. (2015). The transformation of governance: Public administration for the twenty-first century America (2nd ed.). Johns Hopkins University Press.
Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business School Press.
Maftuhin, A., Ghafur, W. A., Muttaqin, A., Handayana, S., Keumala, Mamilo, B. (2016). Comparing public service performance in Albania and Kosovo using the Burke-Litwin model. Journal of Comparative Public Administration, 18(2), 167-181.
Man, P., Petter, S., & DeLone, W. (2008). Ensuring information systems success: Models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17(3), 236–263.
Mangundjaya, W. L. (2020). Pengembangan organisasi: Diagnosis dan intervensi. Jakad Media Publishing.
Mckinsey & Company. (1997). Credit risk management framework for rural commercial banks in China. Journal of Financial Risk Management, 6(1).
Meithiana, I. (2017). Kepuasan kerja dan kinerja karyawan: Tinjauan dari dimensi iklim organisasi, kreativitas individu, dan karakteristik pekerjaan.
Meutia, I. F. (2017). Reformasi administrasi publik.
Middlebrooks, E. J. (1995). Upgrading pond effluents: An overview. Water Science and Technology, 32(12), 1–12.
Miller, D., & Le Breton-Miller, I. (2005). Managing for the long-run: Lessons in competitive advantage from great family businesses. Harvard Business Press.
Mitki, Y., Shani, A. B., & Sternberg, T. (2008). Leadership, development and learning mechanisms: System transformation as a balancing act. Leadership and Organization Development Journal, 29(1), 68–84.
Nanus, B., & Bennis, W. (1985). Leaders: The strategies for taking charge. Harper & Row.
Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and practice (8th ed.). Sage Publications.
Novianto, E. (2019). Manajemen strategis. Deepublish.
Osborne, S. P. (Ed.). (2010). The new public governance, Emerging perspectives on the theory and practice of public governance. Routledge.
Palenewen, J. D. O. (2019). Manajemen pelayanan publik: Tinjauan tentang keadilan akses pelayanan publik bagi kaum difabel. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 1(1), 28–38.
Peters, B. G., & Pierre, J. (Eds.). (2016). The SAGE handbook of public administration (2nd ed.). SAGE Publications.
Roberts, A. (2019). Strategies for governing: Reinventing public administration for a dangerous century. Cornell University Press.
Samuel, L. C., & Carlos, F. G. (2023). The role of performance measurement and management systems in changing public organizations: An exploratory study. Public Money & Management.
Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. Doubleday.
Tampubolon, M. P. (2020). Change management: Manajemen perubahan: Individu, tim kerja, organisasi.
Turno, M. P., Suacana, I. W. G., Rosmiati, M., IP, S., Asep Deni, M. M., Werdiningsih, R., & Devi Marlita, S. E. (2024). Pengembangan organisasi. CV Rey Media Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Intervensi Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.