Strategi Intervensi Sosial Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Asuh di Lembaga Media Kasih Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v4i1.21249Keywords:
Strategi, Intervensi Sosial, Perilaku Sosial, Anak AsuhAbstract
Perilaku sosial anak asuh kerap menjadi tantangan dalam proses pengasuhan di panti, terutama karena banyak anak datang dari latar belakang keluarga yang tidak utuh atau lingkungan yang kurang mendukung pembentukan karakter sosial. Kurangnya interaksi positif sebelumnya membuat sebagian anak menunjukkan sikap individualis, kurang empati, dan kesulitan membangun hubungan sosial yang sehat. Lembaga Media Kasih Banda Aceh hadir dengan merancang sejumlah program pembinaan untuk menanggapi kondisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pelaksanaan program kerja yang diterapkan serta menilai dampaknya terhadap peningkatan perilaku sosial anak asuh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap 7 informan. Program yang dijalankan meliputi penanaman nilai religius, pemberian bimbingan sosial melalui nasihat, kegiatan hiburan yang bersifat edukatif, serta pelibatan anak dalam program santunan bulanan bagi janda dan duafa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pelaksanaan program tersebut mampu membentuk perilaku sosial positif, seperti meningkatnya rasa saling menghormati, sopan santun, menghargai perbedaan, serta tumbuhnya semangat tolong-menolong di antara anak asuh. Anak-anak juga mulai menunjukkan keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial panti. Hal ini menekankan pentingnya strategi pembinaan yang terstruktur, konsisten, dan berbasis pada nilai-nilai sosial untuk mendukung perkembangan perilaku anak asuh secara berkelanjutan.
Downloads
References
Amalia, Wirda. Pelaksanaan Program Children Educational Support Dalam Mengurangi Prevelensi Anak Jalanan Oleh Yayasan Indonesian Street Children Organisation (ISCO). Jurnal Ilmu KesejahteraanSosial. Jilid 13. Nomor 1, 2014
Danirsa Ahmad. Pola Pembinaan Panti Asuhan dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner. Vol.2.No.1.2017
Eriyani, M., & Mustakim, M. (2021). Tanggung Jawab Panti Asuhan Dalam Memberi Pelayanan Terhadap Anak Asuhnya Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 (Suatu Penelitian Di Pantiasuhan Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 5(4), 920-926
Mufti Ilyas Kharmain, Skripsi: “Pola Interaksi Anak Dengan Al-Quran dan Implikasinya Terhadap Perilaku Sosial di Panti Asuhan Ulil Abshar” (Malang: UIN Malik Ibrahim, 2020)
Sifia Rahmah, Asmidir, Nurfahanah. “Masalah-masalah yang dialami anak panti asuhan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan.” Konselor, Vol 3, No 3 (2014), hal.107-112
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan Ke-4 (Bandung : Alfabeta, 2021)
SOS Children's Villages. (n.d.). Children’s Statistics. SOS Children's Villages USA. https://www.sos-usa.org/our-impact/focus-areas/advocacy-movement-building/childrens-statistics di akses pada 12 Juni 2024.
Teresia Noiman Derung, Interaksionisme simbolik dalam kehidupan bermasyarakat, SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 2(1) (1 Mei 2017): 118–131, diterbitkan daring di STP IPI Malang, diakses melalui https://e journal.stp ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/33
Tim Kompas. (2022, Oktober 30). Panti asuhan tumpuan anak-anak miskin. Kompas. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/10/30/panti-asuhan-tumpuan-anak-anak-miskin. Di akses pada 12 Juni 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Intervensi Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.