Peran Pengasuh dalam Membina Disiplin pada Anak di Panti Asuhan Ar’ Raudah Bengkulu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v4i1.21291Keywords:
Peran Pengasuh, Disiplin, AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengasuh dalam membina disiplin pada anak di panti asuhan Ar’Raudah Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan 10 informan diantaranya 2 orang pengasuh, 2 orang tua yang tinggal disekitar panti, 6 orang anak panti asuhan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa panti asuhan Ar’Raudah hanya mampu maksimal 3 terlaksana indikator peran pengasuh sebagai pembimbing, Pembina dan penasehat. Sebagai pembimbing adalah dimana pengasuh memiliki tugas membimbing anak asuh agar anak dapat lebih mandiri dan tidak tidak bergantung dengan orang lain, sebagai pembina berperan memberikan arahan untuk membina sikap dan perilaku anak di panti asuhan agar anak tersebut menjadi pribadi yang baik, sebagai penasehat berperan memberikan masukan dan mendorong anak dalam menghadapi berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari yang mereka hadapi. Peran pengasuh terdiri dari 6 indikator yaitu sebagai pendidik, pembimbing, pembina, penasehat, motivator dan teladan. Akan tetapi dari ke 6 indikator tersebut, peran pengasuh yang terlaksana maksimal dalam membina disiplin anak di Panti Asuhan Ar’Raudah Bengkulu Selatan hanya terdiri dari tiga peran, yaitu peran pengasuh sebagai pembimbing, Pembina, dan penasehat.
Downloads
References
Angmalisang, H. (2012). pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa fakultas teknik universitas negeri manado. jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 3(1), 138–146. Retrievedfrom https://jurnaledvokasi.files.wordpress.com/2016/06/12_jurnal-maret-2012- angmalisangoke.pdf (diakses 11 Oktober 2023)
Alkayyis, M. Y., Yuliani, D., & Windriyati, W. (2021). Penyesuaian Diri Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Pekerjaan Sosial, 20(1), 1-17. https://doi.org/10.31595/peksos.v20i1.355 Departemen Sosial RI, Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak di Panti Asuhan Sosial Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI, 2015.
Fuadi, Hamid, A. S., & Suhaimi. (2013). Asuhan Menurut Hukum Islam Dan Peraturan Perundangan-Undangan Yang Berkaitan Dengan. Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 1–13. Retrieved from http://prodipps.unsyiah.ac.id/Jurnalmih/images/Jurnal/2.2013/2.1.8.2013/1
Gandaputra, A., & Wirausaha. (2009). Gambaran self esteem remaja yang tinggal di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 7(2), 52–70. Retrieved from http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4996 (diakses 15 Oktober 2023).
Khoirunnisa, S., Ishartono, & Resnawaty, R. (2011). 13 Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Jurnal Psikologi, 2(1), 69–73. Retrieved from
Lepa, O., Pangemanan, S., & Rachman, I. (2019). Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam Pembangunan Pertanian (Studi di Kecamatan Passi Timur). Jurnal Eksekutif, 3(3).
United Nations Children's Fund (UNICEF). (2020). Situasi Anak di Indonesia – Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Jakarta: UNICEF Indonesia
Susanti, R. (2022). Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kemandirian Remaja Di Yayasan Swasta Mandiri Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Intervensi Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.