HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN SELF REGULATED LEARNING MAHASISWI PROGRAM MAGISTER USU YANG TELAH MENIKAH

THE RELATIONSHIP OF FAMILY SOCIAL SUPPORT PERCEPTION WITH SELF REGULATED LEARNING UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MASTER DEGREE STUDENTS WHO HAS BEEN MARRIED

Authors

  • Filisia Ayunani Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Filia Dina Anggaraeni Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/psikologia.v13i3.2276

Keywords:

persepsi dukungan sosial keluarga, self regulated learning

Abstract

Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning mahasiswi program magister (S2) yang telah menikah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui skala sebagai alat pengumpulan data. Data didapat dari 70 orang mahasiswi S2 Universitas Sumatera Utara (USU) yang telah menikah, yang diambil dengan teknik proposional sampling. Data bersifat normal dan linear sehingga analisa data menggunakan korelasi Product Moment dari Person.  Hasil analisa data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0, 46, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara persepsi dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning mahasiswi S2 USU yang telah menikah. Semakin tinggi persepsi dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi self regulated learning. Sebaliknya, semakin rendah persepsi dukungan sosial keluarga maka semakin rendah self regulated learning pada mahasiswi S2 USU yang telah menikah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-03