Strategi Pemenangan Politik Tamba-Ipat dalam Pilkada Kabupaten Jembrana Tahun 2020

Authors

  • Ni Kadek Monica Cahyani Universitas udayana
  • Kadek Dwita Apriani Universitas Udayana
  • Kadek Dwita Apriani Universitas Udayana
  • Gede Indra Pramana

DOI:

https://doi.org/10.32734/politeia.v16i1.13326

Keywords:

Jembrana Bali, Local Election, Political Markering Strategy

Abstract

Penelitian ini mengelaborasi strategi pemenangan pasangan calon Tamba-Ipat
dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Jembrana Bali tahun 2020 dengan teori
strategi marketing politik 3P Adman Nursal sebagai pisau analisisnya. Adapun
metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sembilan narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan pasangan Tamba-Ipat memenangkan Pilkada dengan
memadukan strategi Pull, Push dan Pass Marketing. Pull marketing dilakukan
melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mempromosikan
program kerja sekaligus membangun brand image melalui foto-foto mantan
bupati Winasa di setiap media promosi yang digunakan pasangan Tamba-Ipat.
Hal ini untuk membangun asosiasi dengan keberhasilan pembangunan
Jembrana pada masa Winasa. Pass Marketing dilakukan dengan menjalin
hubungan baik dengan masyarakat Hindu dan Muslim yang cukup berimbang
di Jembrana. Penelitian ini juga menemukan hambatan dalam penerapan push
dan pull marketing oleh pasangan Tamba-Ipat seperti aparat desa yang sudah
terkooptasi oleh lawan politiknya, sehingga strategi push marketing tetap
dilakukan dengan melakukan pertemuan secara terbatas dan diam-diam di
beberapa titik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-15