Representasi Politik Identitas Dalam Pemberitaan Kampanye Presiden 2024 Pada Portal Berita CNN Indonesia (Analisis Framing Robert Entman)

Authors

  • Chusnul Awalia Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Mahfud Fauzi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32734/politeia.v17i1.15978

Keywords:

Kampanye, Politik Identitas, Analisis Framing

Abstract

Media menjadi suatu platform paling berdampak dalam pelaksanaan kampanye pada era digital saat ini. Tidak hanya merujuk pada kampanye belusukan, perangkat teknologi menjadi salah satu opsi ampuh dalam strategi kampanye politik. Pada pemilihan presiden 2024, terdapat berbagai branding yang lahir melalui kampanye digital, tak terkecuali representasi politik identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita dengan konteks representasi politik identitas dalam platform berita online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis framing Robert N. Entman. Dalam konteks pemilihan presiden, teori framing Robert Entman dapat digunakan untuk meneliti bagaimana pemberitaan kampanye presiden 2024 menggunakan strategi politik identitas dapat mempengaruhi masyarakat.Hasil penelitian melalui pembingkaian berita kampanye pemilihan presiden ini menggambarkan bahwasanya media massa menjadi wadah untuk menyampaikan pesan-pesan kampanye calon presiden, tetapi juga membantu membentuk opini publik, menyebarkan informasi, dan menjaga proses demokrasi tetap terbuka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-29