Analisis Model Kampanye Digital Partai Politik Jelang Pemilu 2024: Studi Komparatif Konten Instagram PDI Perjuangan dan PSI

Authors

  • Muhamad Dzaki Janeiro Hidayat Universitas Airlangga
  • Mazaya Nurbaity Universitas Airlangga
  • Berliana Indhu Kirana Universitas Airlangga
  • Marsha Nafisa Hermawan Universitas Airlangga
  • Muhammad Abdi Mahesa Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.32734/politeia.v17i2.18750

Keywords:

Pemasaran Politik, Instagram, Kampanye Digital, PDI Perjuangan , PSI

Abstract

Dewasa kini perkembangan era teknologi yang semakin disruptif berdampak secara signifikan dalam kehidupan politik. Begitu halnya dalam strategi pemasaran pada kampanye politik yang mana setiap kandidat maupun partai politik dipaparkan oleh ragam dinamika yang semakin kompleks. Namun, dalam pemasaran politik kehadiran teknologi merupakan sebuah terobosan yang menjanjikan bagi para aktor-aktor politik dalam melakukan perluasan produk politiknya. Dalam dunia digital, media sosial utamanya berperan sebagai arena platform dalam implementasi pemasaran politik yang komprehensif khususnya sebagai pilar penting dalam mendukung penyelenggaraan pemilihan umum. Sehingga, hal ini membuat partai politik berlomba-lomba dalam melakukan branding dan kampanye menggunakan media sosial sebagai platform media digital. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang analisis model kampanye digital partai politik jelang pemilu 2024 serta melakukan studi komparatif konten Instagram antara partai PDI Perjuangan dan Partai PSI. Dalam penelitian ini metode penulisan yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis konten, penulis dapat menyimpulkan bahwa Partai PDI Perjuangan merupakan partai yang tergolong aktif dalam mengunggah konten di media sosial Instagram, sedangkan Partai PSI juga tergolong intens namun tidak semasif partai PDI Perjuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-30