Efektifitas Konten Iklan Viral Grace Natalie Di Youtube Dalam Meningkatkan Kesadaran Publik Pada Partai Solidaritas Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32734/politeia.v13i1.3430Keywords:
Efektifitas, Iklan, PSI, Politik Perempuan, Generasi MudaAbstract
Pada pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia yang merupakan salah satu partai politik dengan ketua umum perempuan mencalonkan anggota-anggotanya ke pemilihan legislatif, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana iklan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memperoleh kesadaran publik dengan menggunakan analisis menggunakan empat dimensi yaitu empathy, persuation, impact, dan communication. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai data primer kepada 35 sampel yang dilakukan pada mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Hasil dari penelitian ini yaitu, iklan PSI berhasil mendapatkan empati audiens dengan menyampaikan pesan dalam iklan secara akrab dengan audiens yang target sasarannya merupakan generasi muda atau pemilih pemula, dan perempuan. Sehingga menciptakan kesadaran publik dan kesan yang ditampilkan dalam iklan juga bersifat kekinian sehingga sesuai dengan target sasarannya yang merupakan generasi muda. Tapi iklan PSI kurang dapat mengkomunikasikan kesan PSI sebagai partai politik yang tidak mengutamakan berkampanye dengan cara menyebarkan isu-isu politik yang belum pasti kebenarannya, apalagi menyebarkan hoaks.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Politeia: Jurnal Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.