Pengaruh Pengawasan Dan Budaya Kerja Pengemudi Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Trans Metro Deli Medan)
The Influence Of Supervision And Work Culture On Service Quality (Trans Metro Deli Medan Case)
Keywords:
Pengawasan, Budaya Kerja, Kualitas PelayananAbstract
Bus Trans Metro Deli merupakan layanan bus Buy The services-BTS yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan dan operasionalnya dijalankan oleh PT Medan Bus Transport sejak November 2020. Dalam pelaksanaannya, layanan ini menghadapi beberapa masalah, seperti perilaku ugal-ugalan dan sikap kurang ramah pengemudi, yang sering dikeluhkan oleh penumpang. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, PT Medan Bus Transport perlu menerapkan sistem pengawasan terpusat dan memperbaiki budaya kerja pengemudi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai Pengaruh Pengawasan dan Budaya Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Metro Deli di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan 112 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner (data primer) dan dokumen dari Trans Metro Deli (data sekunder), kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan dan budaya kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai F hitung 23,106 > F tabel 3,08. Ini berarti kedua variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi kualitas pelayanan. Penelitian merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Trans Metro Deli Kota Medan, perlu mengutamakan pengawasan dan budaya kerja yang baik.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 SAJJANA: Public Administration Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.