Pengaruh Pengawasan Dan Budaya Kerja Pengemudi Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Trans Metro Deli Medan)
The Influence Of Supervision And Work Culture On Service Quality (Trans Metro Deli Medan Case)
DOI:
https://doi.org/10.32734/sajjana.v1i1.17778Keywords:
Pengawasan, Budaya Kerja, Kualitas PelayananAbstract
Bus Trans Metro Deli merupakan layanan bus Buy The services-BTS yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan dan operasionalnya dijalankan oleh PT Medan Bus Transport sejak November 2020. Dalam pelaksanaannya, layanan ini menghadapi beberapa masalah, seperti perilaku ugal-ugalan dan sikap kurang ramah pengemudi, yang sering dikeluhkan oleh penumpang. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, PT Medan Bus Transport perlu menerapkan sistem pengawasan terpusat dan memperbaiki budaya kerja pengemudi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai Pengaruh Pengawasan dan Budaya Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Metro Deli di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan 112 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner (data primer) dan dokumen dari Trans Metro Deli (data sekunder), kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan dan budaya kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai F hitung 23,106 > F tabel 3,08. Ini berarti kedua variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi kualitas pelayanan. Penelitian merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Trans Metro Deli Kota Medan, perlu mengutamakan pengawasan dan budaya kerja yang baik.
Downloads
References
Referensi
Adhitya, W. R., & Hutagalung, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan
Masyarakat Pada Bus Trans Metro Deli di Belawan. Jurnal Visi Manajemen, 9(1), 60-70.
Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja
Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191-200.
Fatimah, Siti. (2019). Pengantar Transportasi Cet. I. Yogyakarta: Absolute Media.
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kasandra, D., Frinaldi, A., & Lanin, D. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Pengemudi Angkutan Umum Kota
Terhadap Kepuasan Penumpang di Kota Padang. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 38-49.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman
Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Marzuki, A., Mulyani, T., & Sihotang, A. P. (2022). Pengawasan Dinas Perhubungan Kota Semarang
Terhadap Kelaikan Bus Rapid Transit Trans Semarang. Semarang Law Review (SLR), 1(2), 134-147.
Nuruddin, N. H. (2018). Evaluasi Pengawasan Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Dinas (BLU
Uptd) Trans Semarang Terhadap Pramudi Dan Armada BRT Trans Semarang. Journal Of Politic and
Government Studies, 8(01), 151-160.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2016). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salim, Abbas. (2000). Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Siagian. S.P. (1990). Teknik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasi. Jakarta: Gunung Agung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAJJANA: Public Administration Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.