Strategi dan Implementasi Public Relations di Perusahaan Rintisan Digital Indonesia (Studi Kasus di PT Nasco International)

Authors

  • Sherenika Azalia Universitas Sumatera Utara
  • Arief Marizki Purba Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/cjcs.v2i1.14681

Keywords:

Strategi, Implementasi, Public Relations, Startup

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi dan Implementasi Public Relations dalam Startup Digital Indonesia (Studi Kasus pada PT Nasco International). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengkaji apa saja strategi dan bagaimana implementasi public relations yang diterapkan PT Nasco International. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yaitu mengkaji sebuah program (public relations), kejadian, aktivitas, proses atau individu, atau kelompok dengan lebih mendalam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dikumpulkan langsung dari wawancara mendalam dan observasi non-partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi public relations yang diterapkan PT Nasco International. Dari ketujuh strategi bauran PENCILS, ditemukan bahwa strategi public relations di PT Nasco International diimplementasikan dalam cakupan internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perusahaan didukung oleh beberapa faktor dalam mengimplementasikan strateginya yaitu penggunaan media sosial dan internet serta proses komunikasi yang terbuka di perusahaan dan terdapat beberapa faktor penghambat seperti kurangnya budget dalam membuat konten, kecakapan staf PR, dan kuantitas dari staf PR.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-21