Pelayanan Publik pada Badan Pertanahan Nasional di Kota Medan

Authors

  • Zoraya Alfathin Rangkuti Universitas Sumatera Utara
  • Beby Masitho Batubara Universitas Medan Area
  • Maksum Syahri Lubis Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.32734/ljsp.v4i1.20249

Keywords:

pelayanan publik, sertifikat tanah sistematis, Badan Pertanahan Nasional

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang permasalahan dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah. Bagaimana kaitannya dengan Pelaksanaan Kebijakan/Program Pemerintah Pusat di daerah. Paradigma penelitian yang digunakan adalah Paradigma Konstruktivisme, dengan Metode Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, diskusi dengan beberapa informan dari Kota Medan (Kepala Kantor BPN Kota Medan, Kepala Bidang Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah, Pegawai Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah) dan masyarakat yang secara langsung telah dan sedang dalam proses pengurusan sertifikat tanah di Kantor BPN Kota Medan.  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan program pendaftaran tanah yang sistematis dan tuntas, program yang ditujukan kepada masyarakat untuk mempermudah pembuatan sertifikat tanah. Kedua, pelayanan pembuatan sertifikat tanah di BPN Kota Medan masih terkesan diskriminatif karena dilakukan oleh oknum yang tidak melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional. Ketiga, penyuluhan kepada masyarakat agar peka dalam mengurus sertifikat tanah masih minim.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zoraya Alfathin Rangkuti, Universitas Sumatera Utara

Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Beby Masitho Batubara, Universitas Medan Area

Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Maksum Syahri Lubis, Universitas Medan Area

Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Downloads

Published

2025-05-23

Issue

Section

Articles