Penggunaan Konten Kreatif melalui Aplikasi TikTok sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata di Saloka Theme Park
DOI:
https://doi.org/10.32734/ljsp.v4i2.21646Keywords:
era digital, generasi muda, konten kreatif, pemasaran pariwisataAbstract
Di era digital saat ini, media sosial, khususnya Tiktok, telah menjadi platfrom untuk memasarkan destinasi pariwisata. Penelitian ini mengkaji efektivitas pengguna konten kreatif Tiktok sebagai strategi pemasaran Saloka Theme Park dalam meningkatkan antusiasme kunjungan generasi muda. Dengan pendekatan kualitatif, daya dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim pemasaran Saloka Park, observasi langsung di lokasi, dan analisis konten di gital akun @salokapark. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Saloka Park berhasil mengakui keputusan kunjungan mereka terinspirasi oleh konten Tiktok. Keberhasilan ini didukung oleh pemahaman mendalam tentang algoritma For You Page (FYP) Tiktok. Secara teoretis, temuan ini diperkuat oleh perspektif interaksionisme simbolik, dimana konten visusl, interaksi, dan respons audiens di Tiktok berfungsi sebagai symbol yang membentuk makna kolektif tentang Saloka Park sebagai destinasi menarik. Pemanfaatan tiktok tidak hanya meningkatkan visibilitas dan jumlah pengunjung, tetapi juga berperan sebagai katalisator pemberdayaan ekonomi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar destinasi wisata.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Langgas: Jurnal Studi Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.