Author Guidelines

Judul Artikel dalam Bahasa Indonesia

Judul Artikel dalam Bahasa Inggris 

Penulis 1*, Penulis 2, Penulis 3, dst

Departemen, Fakultas, Universitas, Alamat, Kota, Kode pos, Negara 

*Email: Penulis 

Abstrak

Abstrak berisi uraian singkat tentang isi keseluruhan artikel  yang mencakup pendahuluan, teori, metodologi dan hasil. Abstrak  ditulis dalam satu alinea/paragraf,  maksimum 150 kata dengan huruf times New Roman (TNR),  indentasi kanan dan kiri 1 cm dari batas margin.

Kata Kunci : berisi 3-5 kata kunci 

Abstract         

Abstrak dalam artikel ini juga harus dituliskan dalam Bahasa Inggris.

Keywords : 3-5 kata kunci dalam Bahasa Inggris

Pendahuluan

Bagian ini berisi tentang latar belakang, tujuan ataupun perumusan masalah.  

Teori

Komponen ini berisi teori yang mendukung atau terkait dengan penelitian. 

Metodologi Penelitian

Bagian ini berisi bagaimana data dikumpulkan, sumber data dan cara analisis data. 

Hasil 

Bagian ini berisi tentang hasil penelitian dan pembahasannya.

Kesimpulan 

Jumlah halaman keseluruhan artikel ini maksimum 7 halaman, dengan margin kanan, kiri, atas dan bawah 3 cm. Artikel ini ditulis dengan spasi 1. Tabel dan gambar disajikan pada artikel, bukan pada lampiran. Judul tabel ditulis di atas tabel sedangkan judul gambar ditulis di bawahnya. Semua persamaan diberi nomor sesuai urutan pemunculan yang dituliskan pada ujung marjin kanan dan dibuat menggunakan equation editor.

Ucapan Terima Kasih 

Ucapan terima kasih ditujukan kepada institusi resmi atau perorangan sebagai penyandang dana atau telah memberikan kontribusi lain dalam penelitian.

Daftar pustaka

Mulai Vol. 9, No. 1 Tahun 2020, sistem penulisan daftar pustaka di Jurnal Teknik Kimia USU mengalami perubahan dari yang sebelumnya. Mulai volume ini, sistem penulisan daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan angka pada sitasinya. Daftar pustaka ditulis lengkap yang terdiri dari nama penulis, nama jurnal atau buku, penerbit, nama kota, tahun terbit dan halaman kutipan artikel pada jurnal/buku. Penyingkatan nama jurnal ditulis dengan singkatan yang sudah umum atau sesuai dengan inisial jurnal. Untuk menjamin keseragaman dan memudahkan penulisan daftar pustaka, para penulis pada jurnal ini supaya menggunakan software Mendelay dengan memilih model IEEE. Contoh penulisan daftar pustaka dapat dilihat seperti berikut ini.

Pustaka yang berasal dari jurnal

[1]    R. Tambun, K. Furukawa, M. Hirayama, M. Shimadzu, S. Y. Yamanaka, and Y. Ohira, “Measurement and estimation of the particle size distribution by the buoyancy weighing-bar method and the rosin-rammler equation,” J. Chem. Eng. Japan, vol. 49, no. 2, pp. 229–233, 2016.

Pustaka yang berasal dari prosiding seminar

[2]    R. Tambun, Y. Sibagariang, and J. Manurung, “Influence of the weighing bar size to determine optimal time of biodiesel-glycerol separation by using the buoyancy weighing-bar method,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 309, no. 1.

Pustaka yang berasal dari buku

[3]     T. Allen, Particle Size Measurement, 4th ed. Hong Kong: Chapman and Hall, 1990.

Pustaka yang berasal dari skripsi, tesis dan disertasi

[4]    S. M. Pasaribu, “Enhancing the performance of farmer-managed irrigation systems in the Brantas River Basin of Indonesia”, Dissertation, Asian Institute of Technology, Bangkok, 2005.

Pustaka yang berasal dari Industrial Reports

[5]      J. Cleveland, Spring Constant Update, Digital Instruments, Santa Barbara, 1996. (Tuliskan alamat website jika ada).

Pustaka yang berasal dari data khusus

[6]     Anonim, 19-th Annual Book of ASTM Standards Part 17, ASTM, Philadelphia, 1969, p.636.