PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN ANTARA METODE CERAMAH DAN PEMUTARAN VIDEO KARTUN DALAM PENYULUHAN KESEHATAN GIGI PADA SISWA KELAS II SD BODHICITTA MEDAN
DIFFERENCIATION OF KNOWLEDGE INCREMENT BETWEEN LECTURING METHOD AND CARTOON VIDEO SHOWING IN DENTAL HEALTH EDUCATION OF SECOND GRADE STUDENT AT BODHICITTA SCHOOL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.32734/dentika.v17i1.1759Keywords:
penyuluhan kesehatan gigi, metode ceramah, pemutaran video kartunAbstract
Penyuluhan kesehatan gigi dapat dilakukan dengan berbagai metode. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas
metode pemutaran video kartun dibandingkan metode ceramah dalam penyuluhan kesehatan gigi pada siswa kelas II SD.
Rancangan penelitian ini adalah eksperimental dengan pre and post test group design. Skor pengetahuan siswa sebelum
dan sesudah penyuluhan diukur dengan memberikan kuesioner. Besar sampel untuk masing-masing kelompok adalah 42
orang. Sampel diambil secara random dari dua kelas, yaitu II A dan II B. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor
pengetahuan sebelum penyuluhan dengan metode ceramah (42,26  12,16) dan sesudah penyuluhan (62,02  12,20),
sedangkan dengan menggunakan metode pemutaran video kartun sebelum penyuluhan (39,76  12,29) dan sesudah
penyuluhan (70,48  17,31), secara statistik ada peningkatan skor pengetahuan yang bermakna pada kedua metode
(p<0,001). Selisih rerata pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok ceramah mengalami peningkatan
sebesar 19,76, lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pemutaran video kartun yaitu 30,72 dan secara statistik ada
perbedaan bermakna (p<0,001). Dapat disimpulkan bahwa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan metode
pemutaran video kartun lebih baik daripada metode ceramah.