Jurnal Kajian Agraria dan Kedaulatan Pangan (JKAKP) merupakan jurnal yang diampu oleh Pusat Kajian Agraria dan Hak Asasi Petani (PUSKAHAP) yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Edisi pertama dari jurnal ini dimulai sejak Juli 2021 dan akan diterbitkan 2 kali dalam 1 tahun. Jurnal ini berfokus pada pandangan kritis terhadap politik dan pembangunan pedesaan, agraria, dan sistem pangan, serta berbagai fenomena sosial, ekonomi, politik dan budaya petani.


Mengingat studi-studi mengenai politik agraria, sistem pangan, pembangunan pedesaan, dan kajian sosial, ekonomi, politik dan budaya petani telah menjadi isu yang penting untuk dibahas. Oleh karena itu, tujuan utama dari jurnal ini adalah untuk mendorong munculnya berbagai kajian maupun pemikiran kritis mengenai berbagai studi sosial, ekonomi, politik dan budaya petani yang terkait dengan instrumen hak asasi petani, gerakan agraria dan kedaulatan pangan.
Kajian ini mencakup berbagai tingkatan. Mulai dari tingkat lokal: bagaimana struktur sosial di pedesaan; pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat pedesaan; konflik agraria; fenomena-fenomena di pedesaan secara kontemporer; dan keterlibatan aktor dan pemangku kepentingan lainnya. Pada tingkat nasional: agenda legislation dan kebijakan publik yang terkait pada petani dan kedaulatan pangan. Sampai dengan tingkat internasional: gerakan trans-nasional; serta implementasi UNDROP (hak asasi petani) di berbagai belahan dunia.


Jurnal ini merupakan wadah yang tepat bagi para akademisi, pemerintah, aktivis organisasi petani maupun pegiat lembaga gerakan agraria lainnya untuk berkontribusi menyampaikan kajiannya. Seluruh tulisan dalam jurnal ini akan ditinjau oleh pakar-pakar yang berkompeten secara akademis dengan memiliki fokus kajian mendalam terkait petani, agraria, dan sistem pangan.