ANALISA PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERUPUK AMPLANG PRODUKSI TOKO OBIC DI KABUPATEN KETAPANG

Authors

  • Muh Anhar
  • Adha Panca Wardanu

DOI:

https://doi.org/10.32734/jsti.v18i1.337

Keywords:

Amplang, Preferensi Konsumen, Perilaku Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis karakteristik konsumen dan proses keputusan pembelian
amplang merek OBIC, Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian
amplang merek OBIC dan menganalisis sikap konsumen terhadap amplang merek OBIC. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah convenience sampling (pengambilan sampel secara kebetulan) yang termasuk ke dalam teknik
pengambilan sampel non peluang. Karakteristik konsumen berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, jenis
pekerjaan, pengeluaran per bulan, ketertarikan konsumen mengkonsumsi Amplang, asal informasi mengenai
Amplang merek obic dan tempat konsumen biasa membeli Amplang merek obic dianalisis secara diskriptif.
Penilaian sikap konsumen dianalisis dengan menggunakan Model Fishbein. Hasil Analisis diketahui bahwa
karakteristik responden didominasi oleh perempuan. Usia terbanyak pada usia 21-30 tahun, tingkat pendidikan
didomonasi oleh SLTA dan sebagian besar konsumen belum menikah. Pembelian Amplang OBIC oleh
responden terjadi di tampat produksi. Setelah melakukan pembelian, konsumen mengevaluasi hasil pembelian
dan hasilnya responden menyatakan puas terhadap Amplang OBIC. Reaksi konsumen apabila OBIC tidak
tersedia di lokasi pembelian adalah membeli merek lain, dan apabila harga OBIC naik, maka konsumen akan
memilih merek lain. Atribut yang dinilai positif adalah atribut higienis, rasa, aroma, harga dan kemasan.
Atribut yang dinilai netral adalah atribut volume, warna dan kemudahan dalam memperoleh produk. Atribut
produk yang netral, agar dinilai positif maka perlu terus meningkatkan pelaksanaan atau kinerja dari atribut
tersebut. Secara keseluruhan atribut produk amplang OBIC dinilai positif oleh konsumen dengan nilai sikap
sebesar 157,31. Hal ini menunjukkan bahwa atribut dari amplang OBIC diterima oleh konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-10

How to Cite

Anhar, M., & Wardanu, A. P. (2018). ANALISA PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERUPUK AMPLANG PRODUKSI TOKO OBIC DI KABUPATEN KETAPANG. Jurnal Sistem Teknik Industri, 18(1), 9-14. https://doi.org/10.32734/jsti.v18i1.337