ANALISIS KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MERK FRUIT TEA

Authors

  • Sukaria Sinulingga
  • Humala Napitupulu
  • Ferdyanta Sitepu

DOI:

https://doi.org/10.32734/jsti.v18i1.342

Keywords:

Ekuitas Merek, Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian Ini bertujuan melakukan mengidentifikasi dan menganalisis faktor–faktor Ekuitas Merek
(Brand Equity), yang terdiri dari Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality – Marketing Mix,
yang mempengaruhi loyalitas konsumen (Brand Loyalty) didalam membeli suatu produk minuman teh rasa buah
dalam kemasan, sehingga diketahui faktor faktor Brand Equity yang paling menentukan keunggulan dan
kelemahan produk merek Fruit Tea yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro dibandingkan dengan merek Frestea
yang diproduksi oleh PT. Coca-Cola Indonesia, berdasarkan preferensi konsumen di didalam memilih merek
minuman teh rasa buah dalam kemasan.Dua ratus Responden Mahasiswa Universitas Sumatera Utara dilibatkan
dalam penelitian yang dipilih menggunakan Teknik Non probability sampling, dimana pemilihan sampel
ditentukan dengan model Purposive dan Judgment sampling dengan pertimbangan tertentu yaitu pernah
mengkonsumsi produk dengan merek Fruit Tea maupun produk merek Fres Tea kemasan apa saja. Pengumpulan
data dilakukan dengan menyebar kuesioner, dan metode analisis data dilakukan dengan Analisis Regresi Linier
Berganda, Koefisien Determinasi, Signifikansi Simultan (Uji F), Signifikansi Parsial (Uji T), Perbandingan
Berpasangan (Paired – Samples t Test), Customer Satisfaction Index, Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja
Atribut Dimensi Kualitas Produk, dan Analisis Loyalitas Konsumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
garis besar dari 3 pembentuk variable Brand Equity, diketahui merek Fres Tea unggul pada Brand Awareness
dan Perceived Quality, sedangkan merek Fruit Tea unggul pada Brand Association. Secara keseluruhan atribut–
atribut pembentuk Brand Equity produk merek Fres Tea lebih unggul dibanding dengan merek Fruit Tea
termasuk tingkat Loyalitas Responden (Brand Loyalty) didalam membeli produk merek Frestea.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-13

How to Cite

Sinulingga, S., Napitupulu, H., & Sitepu, F. (2018). ANALISIS KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MERK FRUIT TEA. Jurnal Sistem Teknik Industri, 18(1), 36-43. https://doi.org/10.32734/jsti.v18i1.342