Pengaruh Merokok terhadap Kadar Asam Urat pada Pria Dewasa yang Mengonsumsi Tuak di Kelurahan Sigulang-gulang Kecamatan Siantar Utara

Authors

  • Novri Angelina Tambunan Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Malayana Rahmita Nasution Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.32734/scripta.v2i2.3404

Keywords:

smoking, tuak, uric acid, asam urat, merokok

Abstract

Background: Uric acid (UA) is a nitrogen compound (C5H4N4O3/2, 6, 8-trihydroxypurine) which is the final product of purine catabolism nucleoside adenosine and guanosine. Uric acid levels are influenced by age, purine intake, alcohol consumption, body mass index (BMI), physical activity, hypertension, heart disease, certain medications, and impaired renal function.

Objectives: This study aims to determine the influence of smoking on uric acid levels in adult men who drink tuak.

Methods: This study used an analytic method using a cross-sectional design. Data retrieval is performed only once for collecting primary data with measuring instruments in the form of a questionnaire and Autocheck to measure uric acid levels. The population in this study is all adult men in Sigulang–gulang, North Siantar. Consecutive sampling was used to determine the number of samples. The data obtained will then be processed and analyzed using SPSS software.

Results: The results show that there are differences in uric acid levels in adult men who smoke and drink tuak compare to adult men who do not smoke and drink tuak with a significant p values (6,01±1,09 vs 7,31±1,20; p<0,001).

Conclusion: This study concluded that there is an influence of smoking on uric acid levels in adult men who drink tuak.

Keywords: smoking, tuak, uric acid

 

Latar Belakang: Asam Urat (AU) adalah senyawa nitrogenik (C5H4N4O3/2,6,8-trihidroksipurin) yang merupakan produk akhir katabolisme purin nukleosida adenosin dan guanosin. Kadar asam urat dipengaruhi oleh usia, asupan senyawa purin, konsumsi alkohol, indeks massa tubuh (IMT), aktivitas fisik, hipertensi, penyakit jantung, obat-obatan tertentu dan gangguan fungsi ginjal.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merokok terhadap kadar asam urat pada pria dewasa yang mengonsumsi tuak.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode analitik dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan hanya satu kali untuk mengumpulkan data primer dengan alat ukur berupa kuesioner untuk mengetahui kebiasaan konsumsi tuak dan merokok dan Autocheck untuk mengukur kadar asam urat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pria dewasa di Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara. Penentuan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling. Data yang telah dikumpul akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kadar asam urat pada pria dewasa yang merokok dan mengonsumsi tuak dengan pria dewasa yang tidak merokok dan mengonsumsi tuak dengan nilai p bermakna (6,01±1,09 vs 7,31±1,20; p<0,001).

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh merokok terhadap kadar asam urat pada pria dewasa yang mengonsumsi tuak.

Kata Kunci: asam urat, merokok, tuak

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-02-12

How to Cite

1.
Tambunan NA, Nasution MR. Pengaruh Merokok terhadap Kadar Asam Urat pada Pria Dewasa yang Mengonsumsi Tuak di Kelurahan Sigulang-gulang Kecamatan Siantar Utara. SCRIPTA SCORE Sci Med J. [Internet]. 2021Feb.12 [cited 2024Apr.25];2(2):90-6. Available from: https://talenta.usu.ac.id/scripta/article/view/3404