Peran Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Desa Kutarayat

The Role of the Juma Uruk Ganjang Farmers Group in Improving Farmers' Welfare in Kutarayat Village

Keywords:

Peran, Kelompok Tani, Kesejahteraan

Abstract

Kelompok tani pada dasarnya berperan sebagai wadah belajar mengajar bagi anggotanya melalui penyuluhan, pelatihan, dan kerjasama guna meningkatkan pengetahuan, keahlian, sikap serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani dengan produktivitas yang meningkat, pendapatan yang bertambah, dan kehidupan yang lebih sejahtera. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan kelompok tani Juma Uruk Ganjang dalam mensejahterahkan petani di desa kutarayat.

      Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, data sekunder, dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya penelitian ini menggunakan indikator peran menurut Rizz, House dan Lirtzman (dalam Pratina, 2013) berupa wewenang, tanggung jawab, kejelasan tujuan, dan cakupan pekerjaan. Selanjutnya, informan penelitian terdiri dari divisi-divisi yang ada di dalam Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang, Kepala Desa Kutarayat, Anggota Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang serta Petani Desa Kutarayat.

      Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang belum mampu untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani di Desa Kutarayat, hal ini dapat diukur melalui indikator peran menurut Rizz, House dan Lirtzman (dalam Pratina, 2013) dimana Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang belum melaksanakan tanggung jawab penuh atas wewenang, melaksanakan tugas hingga program yang telah dikembangkan oleh Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang, mulai dari pemenuhan subsidi pupuk dan bibit, pemberian pengetahuan, pelatihan, pemanfaatan teknologi, informasi pemasaran, sebagai unit produksi hingga melakukan kerjasama yang meluas guna memenuhi dan menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi petani di Desa Kutarayat dalam mengelola lahan pertanian mereka. Selain itu terkait kejelasan tujuan dan cakupan pekerjaan Kelompok Tani Juma Uruk Ganjang belum mampu untuk melaksanakan perannya dengan baik hingga masih kurangnya pemahaman dan pelaksanaan terkait cakupan pekerjaan di setiap divisi yang ada sehingga belum mampu untuk mencapai sasaran dengan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-10