Andree Axel Augusta Kembaren
Implementasi Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di sekolah SMP Swasta Nurul Hasanah Medan Melalui Program Kampus Mengajar
Keywords:
program literasi numerasi, literasi, numerasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program yang dilaksanakan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di SMP Swasta Nurul Hasanah. Pada saat yang sama, aplikasi harus disajikan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pelaksanaan program peningkatan literasi dan numerasi siswa. Data diperoleh dalam proses observasi dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian, diketahui pentingnya penguasaan keterampilan literasi dan numerasi sejak dini juga lanjutan di tingkat menengah pertama agar lebih mudah memahami bidang ilmu lain dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Program yang efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah program peningkatan literasi berupa Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Pembuatan Pojok Baca, Literasi 15 manit sebelum proses belajar mengajar, Revitalisasi mading, CUTI (Curahan Hati) = Penulisan kata kata motivasi atau kata kata yang membangun, KOPI (kotak aspirasi) dan Pohon ilmu literasi dan juga peningkatan numerasi berupa Pembuatan Bagan Numerasi, dan Pohon ilmu Numerasi.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 SAJJANA: Public Administration Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.