IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA INBOUND DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA

(STUDI KASUS DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA)

Authors

  • Rahmi Ray Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Implementasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Pertukaran Mahasiswa inbound, Pengembangan Soft Skill

Abstract

Salah satu program dalam MBKM adalah pertukaran mahasiswa merdeka inbound, di mana mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dapat belajar selama satu semester di perguruan tinggi penerima. Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengembangkan berbagai soft skill penting, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan kemampuan beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound dalam mengembangkan soft skill mahasiswa di di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data analisis secara kualitatif dengan menggunakan indikator model implementasi dari David C. Korten yang meliputi tiga elemen yakni, program, organisasi pelaksana, dan kelompok sasaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program pertukaran mahasiswa merdeka inbound di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik sudah cukup berkontribusi secara signifikan dalam mengembangkan berbagai soft skill mahasiswa, yaitu seperti kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif, keterampilan kerja sama dalam tim yang solid, kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah, serta kepemimpinan dan inisiatif. Pengembangan soft skill tersebut terjadi melalui berbagai aktivitas dalam program, seperti perkuliahan lintas disiplin dan kegiatan sosial-budaya seperti modul nusantara yang melibatkan mahasiswa pertukaran inbound. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi program, seperti penyesuaian kurikulum dan rencana pembelajaran antar program studi, sosialisasi dan koordinasi yang belum optimal bagi mahasiswa inbound dan kurangnya partisipasi mahasiswa serta dukungan dan pembinaan dari dosen dalam kegiatan modul nusantara.

Kata kunci: Implementasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program

                     Pertukaran Mahasiswa Inbound, Pengembangan Soft Skill

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-04