Responsivitas Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dalam Perbaikan Jalan di Simpang Beringin Kecamatan Hamparan Perak
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32734/sajjana.v2i2.19003Keywords:
Responsivitas, Dinas PUPR, Perbaikan JalanAbstract
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang merupakan salah satu pelayanan masyarakat bergerak di bidang infrastruktur. Dari beberapa observasi menunjukan bahwa adanya masalah kinerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengenai responsivitas dalam perbaikan jalan yaitu masih banyaknya jalan rusak di Simpang Beringin, hal ini menyebabkan keluhan kerusakan jalan meningkat, masyarakat merasa perbaikan kerusakan jalan tidak segera ditanggapi. Masyarakat Simpang Beringin menginginkan tanggapan/respon dari aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan pelayanan yang sesuai harapan masyarakat dan semua keluhan dapat direspon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis responsivitas kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara dalam menangani perbaikan jalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi langsung, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan keenam indikator responsivitas menurut Zeithaml dkk dalam Rismawati dkk responsivitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara dapat dikatakan cukup responsif dalam menangani perbaikan. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak semua keluhan masyarakat yang diterima dapat ditanggapi dengan cepat meskipun masih terdapat beberapa kendala yang perlu dioptimalkan seperti respon terhadap aduan masyarakat dan ketepatan menangani masalah oleh aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara. Kemudian, adapun yang menjadi hambatan bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara menangani keluhan yaitu anggaran yang terbatas, ketersediaan bahan dan alat, cuaca, kurangnya informasi tentang alur pengaduan.
Downloads
References
Referensi
Agus, Dwiyanto, Dr. Ir. H. Alisjahbana, MA (Ed.). 2010. Manajemen Kinerja Pemerintahan Daerah.
Samarinda. Laksbang Pressindo Yogyakarta.
Biro Administrasi Pembangunan Setda Sumatera Utara. 2023. Progress Report Pengendalian Pembangunan
Provinsi Sumatera
Utara.
Http://Prp2sumut.Sumutprov.Go.Id/Kabupaten-Kota-Detail-
/Tvh6bxbhmti2rjrxmvllcjzztwgrqt09.
Debby, A. 2024. Responsivitas Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara
Dalam Pemeliharaan Jalan Di Kecamatan Medan Marelan. Skripsi.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya.
Yogyakarta. Gava Media.
Hardiani, N. 2008. Kajian Perkerasan Jalan Lentur Akibat Beban Lalu Lintas dengan Menggunakan Program
HDM – III. Jakarta. Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Skripsi.
Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta. UUP STIM YKPN.
Rochmah, S. 2013. Responsivitas Pelayanan Studi Pada Kebijakan Pelayanan Air Bersih. Malang. UB Press.
RSNI T – 14 – 2004 Republik Indonesia Tahun 2004 Tentang Klasifikasi Jalan dan Badan Standardisasi
Nasional.
Suwardo dan Sugiharto. 2004. Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight Edge untuk
Mengestimasi Kondisi Pelayanan Jalan (PSI dan RCI). Simposium VII FSTPT. Universitas Katolik
Parahyangan.
Undang-Undang RI Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta. DataBase.
Undang-Undang RI No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Barang. Jakarta.
Wahda & Sadad. 2023. Kinerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Pupr) Dalam Mengelola
Drainase Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya). E Journal.
Jurnal Administrasi Publik Universitas Riau.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SAJJANA: Public Administration Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.