Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Tapanuli Utara

Authors

  • Veronika Oktaviani Hutasoit Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/sajjana.v2i2.19870

Keywords:

Penempatan Tenaga Kerja, Disabilitas, Tim ULD, Dinas Ketenagakerjaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk perbaikan pelayanan PTSL di Kabupaten Tapanuli Utara. Masalah yang diidentifikasi mencakup tanah yang belum terdaftar, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program PTSL, serta ketidakmerataan pelaksanaan PTSL di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data dianalisis berdasarkan teori kinerja Dwiyanto (2014) dengan lima indikator: produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kinerja Badan Pertanahan Nasional Kabupaten (BPN) Tapanuli Utara dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari aspek produktivitas, terjadi fluktuasi dengan pencapaian target sertifikat pada tahun 2019, 2021, dan 2022, namun penurunan signifikan terjadi pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 dan tidak tercapainya target pada tahun 2023. Kualitas layanan menunjukkan penerbitan sertifikat kerap melampaui waktu yang diharapkan yang disebabkan oleh kekurangan staf. Dalam aspek responsivitas, BPN telah berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat melalui sosialisasi dan saluran pengaduan. Terkait responsibilitas, pelayanan PTSL telah sesuai regulasi, namun masih perlu perbaikan dalam ketepatan waktu. Akuntabilitas menunjukkan adanya evaluasi berkala yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Saran yang diajukan meliputi evaluasi faktor penghambat, rekrutmen tambahan pegawai, pemanfaatan teknologi informasi, dan kolaborasi dengan pemerintah desa untuk mempercepat proses pendaftaran tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi

Buku

Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Malalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Effendi, F. Makhfudli, (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktis dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fauzi, A. (2020). Manajemen kinerja. Semarang: Airlangga university press.

Frida, C. V. O. (2020). Manajemen Kinerja. Guepedia.

Hidayati, D. (2023). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan. Kapita Selekta.

Miles., Matthew B., Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. (1990). Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press.

Pasolong, H. (2021). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV. Alfabeta.

Pasolong. H. (2008). Teori administrasi publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Aurellia, E. (2024). pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard pada unit pengelola kegiatan (UPK) syariah mandiri kecamatan selakau. Sebi: Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), 54-62.

Budiarsa, F., Rifai, M., & Aditya, I. (2022). Implementasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Sebagai Upaya Percepatan Pendaftaran Tanah Di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 485-498.

Ekawati, R., & Nurhalimah, N. (2022). Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 483-494. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.317.

Erlianti, D. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Satlantas Unit Turjawali Polres Dumai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis (JAPABIS), 1(2), 56-65.

Gunawan, P. (2020). Kinerja KPU Kota Blitar Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 111-117.

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2020 tentang Badan Pertanahan Nasional.

Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Hutasoit, V. O. (2024). Kinerja Badan Pertanahan Nasional Dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Tapanuli Utara. SAJJANA: Public Administration Review, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.32734/sajjana.v2i2.19870