Kinerja Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BBPVP) Dalam Mengurangi Angka Pengangguran Di Kota Medan

Authors

  • Annisa Septia Maysarah Sinaga Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/sajjana.v2i2.19708

Keywords:

Kinerja Organisasi, Pengangguran, Pelatihan Vokasi Produktivitas

Abstract

Dalam 3 tahun terahkir Kota Medan menduduki peringkat dua besar yang menghasilkan pengangguran terbuka terbanyak, dengan angka 10,81 persen pada tahun 2021, 8,89 persen pada tahun 2022 dan pada tahun 2023 dengan 8,67 persen (BPS Sumatera Utara). Untuk mengatasi hal ini pemerintah mendirikan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) berdasarkan peraturan Menteri Ketenagakerjaan R.I Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Pelatihan Kerja yang mempunyai tugas melaksanakan pelatihan, pemberdayaan dan uji kompetensi tenaga kerja. Namun terdapat masalah mengenai tugas pokok dan fungsi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kota Medan, yang mana masih kurangnya peningkatan kapasitas dan kapabilitas terhadap pelatihan kerja untuk angkatan kerja di Kota Medan agar mampu mengisi permintaan pasar global, dan menciptakan lapangan kerja secara profesional dan mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan teori kinerja organisasi yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto, dengan indikator Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi mengenai Link and Match Ketenagakerjaan di BBPVP Kota Medan masih belum terlaksana dengan baik, bisa dilihat dari masih sedikitnya Alumni Pelatihan BBPVP yang bekerja. Dari lima Indikator terdapat 2 indikator yang perlu di perbaiki, yaitu indikator produktivitas dan responsibilitas yang mana perlunya penambahan paket untuk tiap kejuruan dalam satu periode yang bisa di ajukan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Terakhir mengenai Indikator Kualitas layanan tentang Survei Kebekerjaan bisa di tekankan kepada alumni untuk di isi, agar bisa melihat sejauh mana keberhasilan BBPVP Kota Medan dalam memberi pelatihan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi

Buku

Armstrong, M. a. (1998). Performance Management – The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.

Bernardin, J. H. (1993). Human Resource Management.

Callahan, M. P. (2003). Making Enemies: War and State Building in Burma. Cornell University Pers.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik . Yogyakarta: Yogyakarta Gajah Mada: University Perss.

Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendryadi, e. a. (2019). METODE PENELITIAN: Pedoman Penelitian Bisnis Dan Akademik. Jakarta Selatan: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium.

Hersey, B. d. (1982). Management of Organizational behavior, Utilizing Human Resource. New Jersey: Englewood Cliffs Prentice Hall Inc.

Keban, T. Y. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Kirk, J., & Miller, M. (1985). Reability adn Validity in Qualitative Research . SAGE .

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik : Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Mangkunegara, A. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi . Jakarta: Cetakan kedua, Ghalia Indonesia.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi . Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Overman, K. d. (2008). The New Science of Management: Chaos and Quantum Theory and Method. Journal of Public Administration Research and Theory 6.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti, M. A. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja . Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Simanjuntak. (2005). Manajemen Dan Evaluasi Kinerja . Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Stoner, J. A. (1982). Management 4th Edition. Englewood Cliftf: NJ: Prentice Hall Incorporation.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D . Bandung: IKAPI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja . Jakarta: Rajawali Pers.

Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja . Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal

Canaldhy, R. S. (2016). Kinerja Organisasi Pelayanan Publik di Pemerintahan . Jurnal Pemerintahan dan Politik (Nomor 1 Volume 3) Universitas Gajah Mada .

Clara Tridiana, E. T. (2023). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Transisi Tenaga Kerja Sektor Formal. Jurnal Litbang Sukowati :Medan Penelitian dan Pengembangan , Hal 56-66.

Hendra Halim, T. M. (2023). Productivity Improvement Training: Capacity Building For Human Resource Managers In Deli Serdang Regency, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 249-259.

Knowles, M. S. (1999). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development. 5th ed. Houston: Gulf Publishing Company.

Rindi Yuliyanti, N. H. (2022). Strategi Mengatasi Pengangguran Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Kebijakan Publik , Vol.13, No.3.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivaldhi Muhammad Alfaritdzi, A. P. (2023). Peran Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivtas (BBPVP) Dalam Mengurangi Angka Pengangguran . Jurnal Kebijakan Publik , Vol.14, No.1.

Sedarmayanti. (2007). Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) dan Good Corporate Governace (Tata Kelola Perusahaan Yang Baik). Bandung: Mandar Maju.

Sinambela. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja . Jakarta: Bumi Aksara.

Stefanus T.W, M. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Vokasi di BBPVP Bekasi Antara Kompetensi dan Keterserapan Industri . Jurnal Pembelajaran , 74-80.

Winarsih, R. &. (2005). Manajemen Pelayanan. (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Belajar Hal : 2.

Yeni Nuraeni, A. Y. (2022). Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Dalam Menyediakan Tenaga Kerja Pada Dunia Usaha dan Industri . Jurnal Ketenagakerjaan, Volume 17 No.1.

Artikel

Lohman. (2003). Indikator Kinerja (online) diambil dari http://www.ipbl.edu.my/inter/penyelidikan/jurnalpapres/jurnal2008.pdf.

Regulasi

Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dikementerian Ketenaga Kerjaan.

Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia Nomor 21 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Pelatihan Kerja.

Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Penyelenggara Ketenaga Kerjaan.

Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Strategi Kementerian Ketenagakerjaan Tahun 2020-2024.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Sinaga, A. S. M. (2024). Kinerja Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BBPVP) Dalam Mengurangi Angka Pengangguran Di Kota Medan. SAJJANA: Public Administration Review, 2(2), 104–121. https://doi.org/10.32734/sajjana.v2i2.19708