RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA TANAH SALIN DENGAN PEMBERIAN ASAM SALISILAT DAN GIBERELLIN (GA3)

Authors

  • Aisar Novita Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, USU, Medan
  • Luthfi A.M. Siregar Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, USU, Medan,
  • Rosmayati Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, USU, Medan

DOI:

https://doi.org/10.32734/jpt.v2i3.2929

Keywords:

cekaman salinitas, giberellin, asam salisilat, Hibiscus sabdariffa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi respon pertumbuhan dan produksi rosella (hibiscus sabdariffa L.) pada tanah salin dengan pemberian asam salisilat dan giberellin (GA3). Penelitian ini dilakukan di rumah kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Medan, pada Februari 2014 sampai Juni 2014. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 (tiga) factor dan 3 (tiga) ulangan. Faktor pertama giberellin (GA3) dengan dua taraf yaitu 0 mg L-1, 5 mg L-1. Faktor kedua asam salisilat dengan tiga taraf yaitu 0 mM, 0,5mM, 1 mM. Faktor ketiga tingkat salinitas dengan 2 taraf yaitu 0 dsm-1 dan 4-5 dsm-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara giberellin dan cekaman salinitas memperlihatkan pengaruh nyata pada peubah pertumbuhan seperti persentase perkecambahan, tebal kutikula dan betakaroten. Interaksi antara perlakuan asam salisilat dan cekaman salinitas memperlihatkan pengaruh nyata pada tebal kutikula dan betakaroten. Interaksi tiga factor perlakuan giberellin, asam salisilat dan cekaman salinitas menunjukkan pengaruh yang nyata pada peubah tebal kutikula dan betakaroten.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Novita, A. ., Siregar, L. A., & Rosmayati. (1). RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) PADA TANAH SALIN DENGAN PEMBERIAN ASAM SALISILAT DAN GIBERELLIN (GA3). Jurnal Pertanian Tropik, 2(3), 258- 263. https://doi.org/10.32734/jpt.v2i3.2929