Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merr) Terhadap Pemberian Alelopati Lalang (Imperata cylindrica) dan Babadotan (Ageratum conyzoides)

Authors

  • Andreansyah Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, USU, Medan
  • T. Irmansyah
  • Meiriani

DOI:

https://doi.org/10.32734/jpt.v5i3.3060

Keywords:

alelopati, kedelai, lalang, babadotan

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui respons pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai (Glycine Max) terhadap pemberian alelopati lalang ( Imperata cylindrica ) dan babadotan (Ageratum Conyzoides yang di laksanakan di lahan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara yang di mulai pada bulan April sampai bulan juli 2017, menggunakan rancangan acak kelompok non faktorial, dengan perlakuan ekstrak alelopati lalang dengan 0, 50, 100, 150 ml dan ekstrak alelopati babadotan dosis 50, 100, 150 ml. Hasil penelitian menunjukan pemberian alelopati babadotan berpengaruh nyata terhadap parameter diameter batang, jumlah polong hampa, jumlah polong berisi, cabang produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Andreansyah, T. Irmansyah, & Meiriani. (1). Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merr) Terhadap Pemberian Alelopati Lalang (Imperata cylindrica) dan Babadotan (Ageratum conyzoides). Jurnal Online PERTANIAN TROPIK, 5(3), 340- 343. https://doi.org/10.32734/jpt.v5i3.3060