Efektivitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin
DOI:
https://doi.org/10.32734/sajjana.v3i01.20727Keywords:
Efektivitas Pelayanan, Kualitas Pelayanan,Pendaftaran Online, Mobile Jkn, Rumah Sakit Umum Bunda ThamrinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan aplikasi Mobile JKN dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran online di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin. Pelayanan pendaftaran online melalui aplikasi ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas yang dilakukan rumah sakit untuk mempermudah pasien dalam proses pendaftaran, mengurangi waktu tunggu, serta mengatasi masalah antrian manual yang sebelumnya sering menjadi kendala. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas program menurut budiani dalam pertiwi dan nurcahyanto (2017) yaitu tujuan program, ketepatan sasaran, sosialisasi program dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Mobile JKN dapat dikatakan efektif karena aplikasi ini memberikan kemudahan dalam kegiatan pelayanan pendaftaran di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin. Aplikasi ini berperan penting dalam meningkatkan efektivitas layanan pendaftaran dapat dilihat dari kesesuaian tujuan program, ketepatan sasaran, sosialisasi program dan pemantauan program. Yang mana pendaftaran online melalui menyediakan berbagai fitur yang mendukung kemudahan akses, kecepatan, dan akurasi proses pendaftaran. Melalui penggunaan aplikasi Mobile JKN, peserta dapat langsung mendaftar ke rumah sakit tanpa harus datang secara langsung, sehingga mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kenyamanan pasien.
Downloads
References
Referensi
Aditya, P. Et Al. (2021). “Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Kepemimpinan (Leadership) Berkarakter Dalam Kemajuan Olrganisasi 1.” .
Akbar, & Usman. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Bagong, S. (2005). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana Prenanda Media Group.
Campbell, J. P. (1989). “ Teori Efektivitas” , Dalam Richard M. (1985), Efektivitas Organisasi.
Dipohusodo. (1996). Manajemen Proyek & Konstruksi.
Gaspersz, V. (1997). Manajemen Kualitas. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jawa Barat: Cv Jejak (Jejak Publisher).
Hasan, I. W. A., Haryati Eny Pramudiana, & Ika Devy. (2023). Inovasi Pelayanan Kesehatan Ampibi (Ambulance Peduli Tretan Dhibi’) Di Unit Organisasi Bersifat Khusus (Uobk) Rsud Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan.
Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84. Https://Doi.Org/10.36763/Healthcare.V10i1.114
Jogiyanto, H. M. (1999). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan.
Leboeuf, M. (2010). Memenangkan Dan Memelihara Pelanggan Seumur Hidup.
Lily Widjaya, & Deasy Rosmaladewi. (2018). Bahan Ajar Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan (Rmik) Manajemen Informasi Kesehatan Ii: Sistem Dan Sub Sistem Pelayanan Rmik.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta : Deepublish Publisher.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta.
Masniah. (2015). An Implementation Of Outpatient Online Registration Information System Of Mutiara Bunda Hospital. (Ijarai) International Journal Of Advanced Research In Artificial Intelligence, 4.
Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Edisi Revisi). Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. . Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi Penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).
Musdalifah, M., & Noor, M. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Go-Jek). Sebatik, 23(2), 498–504. Https://Jurnal.Wicida.Ac.Id/Index.Php/Sebatik/Article/View/804
Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2017). Efektivitas Program Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Pasien Pengguna Jasa Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Srondol). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 1-14.
Rini, T., Lestari, P., Peningkatan, U., Pelayanan, M., Puskesmas, D., Manajemen, P., & Kesehatan, S. M. (2018). 57 Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan (The Efforts To Improve The Quality Of Service In Puskesmas Through Health Human Resource Management Approach). Http://Www.Neraca.Co.Id/Article/45094/Tenaga-Medis-Di-
Saputra, Redi, & Parjito. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus: Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), 1(2).
Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online Di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan, 5(1), 53–64. Https://Doi.Org/10.21787/Mp.5.1.2021.53-64 Singarimbun,
Masri, & Effendi. (2001). Metode Penelitiam Survei. Jakarta: Lp3es.
Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64. Https://Doi.Org/10.36636/Dialektika.V4i1.285
Soekanto, Soerjono. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. . Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 158–165.
Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabet. . Supardi. (N.D.). Laporan Penelitian Populasi Dan Sampel Penelitian.
Taufik, T. , & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18.
Techtarget. (2011). Definisi Online. Https://Searchnetworking.Techtarget.Com /Definition /Online
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran I (2nd Ed.).
Wijoyo, S. (2006). Pelayanan Publik Dari Dominasi Ke Partisipasi. Airlangga University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SAJJANA: Public Administration Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.