Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Status Gizi Siswa MAN Medan pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Septo Tepriandy Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • R. Kintoko Rochadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/trophico.v1i1.6042

Keywords:

covid-19, status gizi, pengetahuan, sikap

Abstract

Coronavirus Disease (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang masuk di Indonesia pada akhir tahun 2019. Pemerintah mengambil kebijakan untuk memutus rantai penularan COVID-19 ini yaitu melakukan pembatasan sosial, salah satunya dengan menghentikan kegiatan sekolah. Pemerintah juga mengimbau untuk menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan memerhatikan gizi seimbang agar status gizi menjadi baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan status gizi siswa MAN Medan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, yang dilaksanakan di MAN 2 dan MAN 1 Medan. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan 60 orang siswa MAN 2 dan MAN 1 Medan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi Square kemaknaan α =0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan status gizi remaja di MAN 1 dan MAN 2 Kota Medan (p<0,05), dan tidak terdapat hubungan antara sikap dengan status gizi remaja di MAN 1 dan MAN 2 Kota Medan (p>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan dengan status gizi siswa MAN 2 dan MAN 1 Medan pada masa pandemi COVID-19, namun tidak ada hubungan sikap dengan status gizi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiba, F. N. (2019). Analisis hubungan tertawa terhadap kadar endorfin berkaitan dengan fungsi imunitas tubuh. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/5qy62

Almatsier, S. (2010). Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Atmadja, T.F.A. (2020). Gambaran sikap dan gaya hidup sehat masyarakat indonesia selama pandemi COVID-19. Action: Aceh Nutrition Journal, (5)2, 195-202

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogya karta: Gava Media

Dekhne, P. (2016). Advantages and Disadvan tages of Whatsapp. International Research Journal of India

Dewi, N., Maemunah, N., & Putri, R., M. (2020). Gambaran asupan Nutrisi di masa pandemi pada mahasiswa. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(3), 369-382

Fatharanni, M.O., Angraini, D.I., & Oktaria, D. (2019). Hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai gizi seimbang dengan status gizi pada wanita usia subur di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Medula, 09(1), 26-37

Ferdiana, S. (2020). Persepsi mahasiswa tentang penggunaan media daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama masa pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 01(1), 05-12

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of e-learning through Whatsapp as a teaching learning tool. MVP Journal of Mediacal Sciences, 04(1), 19-25

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan gizi seimbang pada masa pandemi COVID-19. Jakarta

Kristian, K., Kurniawan, F., Kurniado, A., & Vetinly. (2019). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan status gizi pada siswa Sekolah Dasar di Jakarta. JMJ, 7(2), 245-257

Mahdali, M.I., Indriasari, R., & Thaha, R. (2013). Efek edukasi gizi terhadap pengetahuan, sikap serta perubahan perilaku remaja obesitas di Kota Gorontalo [Tesis]. Universitas Hasanud din, Makasar

Marmi (2014). Gizi dalam kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Selaindoong, S.J. (2020). Gambaran penge tahuan gizi mahasiswa semester iv Fakultas Kesehatan Masyarakat Universi tas Sam Ratulangi saat pembatasan sosial masa pandemi COVID-19. Jurnal KESMAS, 9(6), 8-15

Seran, W. A., Utomo, D.A., & Handotyo, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran outdoor study berbantuan video confe rence terhadap kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142-152

Thamaria, N. (2017). Bahan ajar: penilaian status gizi. Jakarta: Kemenkes RI

Published

2021-03-31

How to Cite

Tepriandy, S., & Rochadi, R. K. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Status Gizi Siswa MAN Medan pada Masa Pandemi COVID-19. Tropical Public Health Journal, 1(1), 43-49. https://doi.org/10.32734/trophico.v1i1.6042