Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan pada ODHA di Kota Medan.
DOI:
https://doi.org/10.32734/trophico.v1i2.7280Keywords:
Kualitas pelayanan, Kepuasan, ODHAAbstract
Seiring meningkatnya kasus HIV/AIDS di dunia, maka kebutuhan akan pelayanan kesehatan juga semakin meningkat. Pemerintah tetap berusaha menangani kasus HIV/AIDS, baik dengan program pencegahan maupun pengobatan. Kebijakan pemerintah juga semakin menambah kualitas pelayanan bagi pasien ODHA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan HIV/AIDS terhadap dimensi kehandalan dan ketanggapan terhadap kepuasan pasien ODHA di Kota Medan. Metode penelitian adalah jenis observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 100 responden diambil secara accidental sampling dan data dianalisis dengan regresi logistik. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien ODHA, di mana nilai p dimensi kehandalan = 0,035 dan ketanggapan 0,021. Diharapkan Puskesmas memberikan kenyamanan kepada pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Downloads
References
Ditjen PP&PL. (2015). Profil pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan. Jakarta.
Duarsa, W.N. (2011). Infeksi HIV dan AIDS. Dalam: Daili, S.F. Infeksi
menular seksual. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Kementerian PPN/Bappenas. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa teori dan praktik.
Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman, A. Z. V. & Berry, L. (2004). SERVQUAL: A multiple item scale
for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64 (1), 12-41.
Pohan, I.S. (2006). Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar – dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: EGC.
Sutriyani. (2012). Hubungan kualitas pelayanan HIV dan AIDS terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Labuang Baji, Makassar.
Tjiptono, F. (2000). Pemasaran jasa. Jawa Timur: Bayumedia Publishing
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Tropical Public Health Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.