Efektivitas Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik di Desa Salit Kecamatan Tigapanah

Authors

  • TRISANDI GINTING

Keywords:

Efektivitas, Dana Desa (DD), Pembangunan Fisik.

Abstract

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Dana Desa sangat penting bagi kemajuan dari sebuah desa agar menjadi desa yang mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya baik melalui pembangunan pemberdayaan manusia maupun pembangunan fisik.

Metode yang digunakan dalam penenlitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam meneliti, peneliti melakukan wawancara dengan pemerintahan desa seperti kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan umum dan perencanaan, kepala keuangan dan ketua badan permusyawaratan desa (BPD) serta masyarakat desa salit. Kemudian juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk menjawab permasalahan penelitian. Dalam menganalisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan teori Richard M. Streers (1985:53).

Berdasarkan hasil penenlitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik di Desa Salit belum efektif dilihat dari pencapaian tujuan yaitu transparansi, sasaran kebijakan kurang terbuka dan pembangun yang tidak tepat sasaran. Adaptasi pemerintah desa belum baik, pemerintah desa tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tingkat kemampuan pemerintah desa yang belum optimal dalam mengadakan ataupun menyampaikan sosialisasi terkait pembangunan fisik di masyarakat. Efektivitas Dana Desa dalam Pembangunan Fisik di Desa Salit belum efektif juga dikarenakan tingkat komunikasi dan partisipasi masyarakat masih sangat minim baik dari tingkat kehadiran maupun aspirasi masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-15 — Updated on 2024-09-03

Versions