Pengaruh Tingkat Kepuasan Mahasiswa FISIP terhadap Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi Satu Atap
DOI:
https://doi.org/10.32734/sajjana.v1i2.19629Keywords:
Kepuasan Mahasiswa, Pelayanan Administrasi, Aplikasi Satu Atap, FISIP, Perguruan Tinggi, Teknologi Informasi, Efisiensi LayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terhadap layanan administrasi melalui aplikasi Satu Atap. Aplikasi Satu Atap adalah sebuah platform digital yang dibuat untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Konsep kepuasan pelanggan dari Kotler dan Keller (2016) serta teori teknologi informasi dari Davis (1989) di mana kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh perbandingan antara harapan dan persepsi terhadap kualitas layanan yang diterima, sementara penerimaan teknologi dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan dan manfaatnya. Metode kuantitatif dengan pendekatan survei digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara tingkat kepuasan mahasiswa dan pelayanan administrasi yang diberikan melalui aplikasi Satu Atap. Semakin tinggi tingkat kepuasan mahasiswa, semakin positif persepsi mereka terhadap keefektifan dan efisiensi aplikasi dalam mendukung proses administrasi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan sistem aplikasi administrasi di perguruan tinggi, terutama dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan mempercepat proses layanan bagi mahasiswa.
Downloads
References
Aswad, S., Realize, & Wangdra, R. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center.Vol. 6 No.2, 156.
Ahmad Mahyaruddin. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terhadap Pelayanan Biro Akademik dan Kemahasiswaan. Jurnal Administrasi Publik, 12(1), 51–67.
Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. (2021). Jurnal Pendidikan, 14(3), 78–89.
Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Berbasis Web. (2020). Jurnal Pseudocode, 7(1), 15–25
Indrayani, E. (2011). Pengelolaan sistem informasi akademik perguruan tinggi berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 51–67.
Kotler, P. 2014. Marketing Management.14thGlobal Edition. Pearson Edition, Pearson Education International.
Pasolong, H. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Prasetyo, B. H., & Anubhakti, D. (2011). Kajian penerimaan sistem e-learning dengan menggunakan pendekatan UTAUT: Studi kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur. Jurnal BIT, 8(2), 45–47.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa Semester IV Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 23–35.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang. (2018). Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 33–45.
Yudhistyra, W. I., & Nugroho, E. (2014). Lima metode perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi untuk pengembangan e-government. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (pp. 236–244).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAJJANA: Public Administration Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.